1. ARTI MANAJEMEN :
Menurut Prof. Oei Liang Lee : manajemen adalah sebagai ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasi , mengarahkan , mengkoordinasikan serta mengawasi tentang manusia dengan bantuan alat alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
1.1 FUNGSI MANAJEMEN
Adapun 5 funsi MANAJEMEN :
1.PERENCANAAN
A.Bentuk-bentuk Perencanaan
Perencanaan ditetapkan sekarang dan
dilaksanakan serta digunakan untuk waktu yang akan datang. Maka perencanaan
memiliki bentuk-bentuk sebagai tujuan, kebijakan, strategi, prosedur, aturan
dan program.
B.Kegunaan Perencanaan
Perencanaan merupakan fungsi dasar bagi fungsi-fungsi lainnya. Kegunaan
perencanaan adalah :
oMengurangi ketidak pastian serta
perubahan pada waktu mendatang;
oMengarahkan perhatian pada tujuan;
oMemperingan biaya; dan
oMerupakan sarana untuk mengadakan
pengawasan.
C.Langkah-langkah Penyusunan
Perencanaan
Langkah-langkah yang harus diambil untuk menyusun suatu perencanaan adalah :
1.Menetapkan tujuan;
2.Menyusun anggapan-anggapan (premising);
3.Menentukan berbagai alternatif
tindakan;
4.Mengadakan penilaian terhadap
alternatif-alternatif tindakan yang sudah dipilih;
5.Mengambil keputusan; dan
6. Menyusun rencana pendukung.
D.Perencanaan Merupakan Proses
Pendekatan yang Rasional
Apabila kita berusaha untuk
mempelajari posisi sekarang dengan menggunakan data akuntuansi maupun
statistik, maka sebagai titik tolaknya kita harus menengok ke belakang (waktu
yang lampau). Dengan memperoleh anggapan-anggapan secara jelas, tujuan yang
hendak dicapai serta kesulitan-kesulitan yang mungkin timbul di dalam menyusun
suatu perencanaan, haruslah dikaitkan dengan tenggang waktu tersebut.
E.Jangka Waktu Perencanaan
Menurut jangka waktunya, perencanaan
dapat dikelompokkan menjadi tiga golongan, yakni perencanaan jangka panjang,
perencanaan jangka menengah dan perencanaan jangka pendek.
F.Faktor-faktor yang Membatasi
Perencanaan
Perencanaan juga mempunyai
kelemahan, adanya kelemahan ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempunyai
sifat membatasi perencanaan. Faktor tersebut ialah sulitnya mencari anggapan
secara teliti, perubahan yang sangat cepat, kekakuan internal, kekakuan
eksternal, dan waktu dan biaya.
G.Pengambilan Keputusan
Syarat pengambilan keputusan
Untuk bertindak ataupun mengambil keputusan secara rasional tersebut
membutuhkan beberapa syarat, antara lain :
o Berusaha untuk dapat mencapai suatu
tujuan
o Mengetahui dengan jelas tentang
tujuan-tujuan manakah yang dapat dicapai beserta segala kekurangannya
o Mempunyai kemampuan untuk mengadakan
analisis dan penilaian berbagai alternatif
o Bersikap optimis dan mempunyai
kemauan yang kuat untuk memilih alternatif yang paling baik
H.Alat pengambilan keputusan
Untuk mengambil keputusan yang rasional perlu digunakan alat-alat seperti
operation research, teori probabilitas dan linear progamming. Selain ketiga
macam alat pengambilan keputusan tersebut, masih terdapat beberapa teknik yang
dipakai untuk memperbaiki kualitas pengambilan keputusan pada keadaan yang
sifatnya tidak pasti, tetapi masih berada di dalam batas-batas kewajaran.
Alat-alat tersebut adalah :
o Analisa resiko, setiap keputusan
yang diambil dapat didasarkan pada interaksi beberapa variabel kritis.
o Pohon keputusan (decision tree),
melihat berbagai kemungkinan arah yang dapat diambil dari berbagai jenis
keputusan.
A. Pengertian
Ditinjau dari segi prosesnya, pengorganisasian merupakan usaha untuk menyusun
komponen-komponen pokok sedemikian rupa, sehingga dapat dipakai sebagai sarana
untuk mencapai tujuan. Fungsi pengorganisasian sebagai proses menciptakan
hubungan antara berbagai fungsi, personalia dan faktor-faktor fisik agar
semua pekerjaan yang dilakukan dapat bermanfaat serta terarah pada suatu
tujuan.
B.Pola Hubungan antara Komponen
Organisasi
Antara tujuan, fungsi, tanggung jawab, wewenang serta pertanggung jawaban
mempunyai hubungan yang erat dan berkaitan satu dengan lainnya.
C.Rintangan Kekuasaan
Keefektifan dan efisiensi seorang pemimpin dalam mengatur bawahan banyak
dipengaruhi oleh jumlah bawahan itu sendiri. Banyak sedikitnya frekuensi
hubungan antara pimpinan dengan bawahan dipengaruhi oleh beberapa faktor,
antara lain latihan dari bawahan, pendelegasian wewenang, perencanaan dan
teknik komunikasi
D.Dasar-dasar Penggolongan Bagian Di Dalam Organisasi
Pembagian kerja dan spesialisasi kegiatan perlu dilakukan. Pengelompokan
menjadi bagian-bagian di dalam sebuah organisasi dapat didasarkan pada beberapa
faktor berikut :
a. Didasarkan pada suatu angka
b. Didasarkan pada waktu
c. Didasarkan pada fungsi perusahaan
d. Didasarkan pada luas daerah operasi
e. Didasarkan pada jenis barang yang
dihasilkan
f . Didasarkan pada jenis langganan
E.Karakteristik Struktur Organisasi
Setiap bentuk struktur organisasi yang baik harus memiliki
dua karakteristik dasar, yaitu keseimbangan dalam organisasi dan fleksibel.
3.PENGARAHAN
Pengarahan merupakan aspek hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat
para bawahan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan tenaganya secara efektif
serta efisien untuk mencapai tujuan. Pengarahan yang dilakukan oleh pimpinan
harus berpegang pada beberapa prinsip, yaitu prinsip mengarah kepada tujuan,
prinsip keharmonisan dengan tujuan dan prinsip kesatuan komando.
Bagi para pelaksana, untuk melaksanakan tugas-tugas dengan baik dipengaruhi
oleh cara manajer dalam memberikan perintah. Motivasi mempunyai dua macam
bentuk, yaitu motivasi positif dan motivasi negatif.
4.PENGKOORDINASIAN
Koordinasi
antar bagian dan individu di dalam organisasi akan dapat tercapai
bilamana diikuti dengan tiga prinsip, yaitu prinsip kontak langsung,
prinsip penekanan pada pentingnya koordinasi dan hubungan timbal balik
di antara faktor-faktor yang ada.
Untuk melaksanakan fungsi koordinasi, manajer dapat menempuh dua cara, yaitu :
1. Menjamin bahwa kondisi lingkungan dapat membantu untuk memberikan fasilitas bagi terlaksananya koordinasi.
2. Memastikan apakah masing-masing individu sudah mengetahui prinsip-prinsip koordinasi.
5.PENGAWASAN
Pengawasan dapat mengukur seberapa jauh hasil yang telah dicapai sesuai
dengan apa yang telah direncanakan. Langkah-langkah yang harus
dilakukan untuk mengadakan pengawasan adalah menciptakan standard,
membandingkan kegiatan yang dilakukan dengan standard dan melakukan
tindakan koreksi.
1.2 JENJANG MANAJEMEN
1.MANAJEMEN MADYA: mempunyai tanggung jawab dalam penyusunan rencana operasi yang melakukan rencana rencana umum dari manajer puncak2. MANAJEMEN OPERASIONAL : tugas manajemen operasional menyangkut pelaksanaan rencana yang dibuat oleh manajer madya, mereka bertanggung jawab melakukan supervisi kepada para karyawan yang mengerjakan kegiatan harian
3. MANAJEMEN PUNCAK : bertugas menyusun rencana umum perusahaan dan mengambil keputusan keputusan penting tentang hal hal penting
2.LATAR BELAKANG SEJARAH MANAJEMEN
Menurut TAYLOR(1856-1915) dalam buku nya "THE PRINCIPLES OF SCIENTIFIC MANAGEMENT"
- Prinsip 1 : semua pekerjaan dapat diobservasi dan dianalisis guna menentukan satu cara terbaik untuk menyelesaikan nya.
- Prinsip 2 : orang yang tepat untuk memangku jabatan dapat dilatih dan dipilih secara ilmiah.
- Prinsip 3 : kita dapat menjamin bahwa cara baik tersebut diikuti dengan mengkaji pemegang jabatan dengan dasar insentif, yaitu menyamakan gaji dan hasil kerjanya.
- Prinsip 4 : menempatkan manajer dalam perencanaan, persiapan dan pemeriksaan kerja.
o CLASSICAL SCHOOL (sekolah klasik)
mendefinisikan manajemen menurut tugas yang dilakukan manajer. teori ini telah memberikan saran tentang fungsi manajemen primer :
- perencanaan
- pengorganisasian
- pengarahan
- pengendalian
Sekolah perilaku menarik beberapa disiplin psikologi dan sosiologi sebagai bagian dari latar belakang pendidiakan manajer. Sekolah ini memusatkan perhatian pada aspek kemanusiaan dari manajemen dan menekankan kebutuha bagi para manajer untuk memahami manusia.
oMANAGEMENT SCIENCE SCHOOL (sekolah ilmu manajemen)
melibatkan matematis dan statistik.Model-model matematis digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah operasional perencanaan dan pengendalian.
oANALISIS SISTEM
metode untuk menyelesaikan masalah masalah bisnis dengan mengidentifikasikan bagian bagian utama dari suatu masalah.
oMANAJEMEN HASIL
Manajemen hasil adalah suatu program untuk meningkatkan motivasi dan pengandalian karyawan.
0 komentar:
Posting Komentar