Daniel "Dani" Pedrosa Ramal (lahir 29 September 1985 di Sabadell, Catalonia, Spanyol) adalah pembalap motor Grand Prix. Pedrosa dibesarkan di sebuah desa dekat Sabadell disebut Castellar del Vallès. Dia adalah juara dunia termuda di 250cc Grand Prix. Pedrosa dengan 1.58 m (5 ft 2 in) tinggi dan berat 51 kg (112,4 lb)
CAREERAwal hariDani
Pedrosa mulai mengendarai sepeda di awal usia empat, ketika ia mendapat
sepeda motor pertamanya, sebuah Italjet 50, yang memiliki sisi-roda. Sepeda
balap pertamanya adalah replika sepeda mini bermotornya dari Kawasaki,
yang ia punya di usia enam dan yang ia digunakan untuk berlomba dengan
teman-temannya. Pedrosa
mengalami balap nyata pada usia 9, ketika ia memasuki Kejuaraan
Minibike Spanyol dan mengakhiri musim debutnya di tempat kedua, mencetak
podium pertamanya finish di balapan kedua musim ini. Tahun
berikutnya, Pedrosa memasuki kejuaraan yang sama, tetapi masalah
kesehatan mencegah dia dari memperbaiki hasil dan ia mengakhiri musim
itu di posisi ke-3.125ccPada
tahun 2001, Pedrosa membuat debut Kejuaraan Dunia di kelas 125cc
setelah dipilih dari Movistar Activa Cup, serangkaian dirancang untuk
mempromosikan bakat balap segar di Spanyol, kembali pada tahun 1999. Di
bawah bimbingan Alberto Puig, Pedrosa mencetak dua kali naik podium di
musim pertama dan memenangkan balapan pertamanya pada tahun berikutnya,
ketika ia selesai ketiga dalam kejuaraan. Pada tahun 2003, ia memenangkan lima balapan dan memenangkan kejuaraan dengan dua putaran tersisa, mencetak 223 poin. Pada kejuaraan pertama memenangkan tahun, Pedrosa mencetak lima kemenangan dan enam podium. Seminggu
setelah memenangkan kejuaraan, delapan belas tahun Pedrosa mematahkan
kedua pergelangan kakinya dalam kecelakaan selama latihan di Phillip
Island (Australia), mengakhiri musim.250ccSetelah
memenangkan kejuaraan 125cc, Pedrosa pindah ke kelas 250cc pada tahun
2004 tanpa proper test pada sepeda baru karena pergelangan kakinya
penyembuhan selama musim off-. Pergi
ke musim tidak siap, Pedrosa memenangkan lomba pertama di Afrika
Selatan dan melanjutkan untuk meraih gelar Kejuaraan Dunia 250cc,
termasuk rookie of penghargaan tahun. Dalam musim pertamanya di kelas 250cc, Pedrosa mencetak 7 kemenangan dan 13 kali naik podium. Pedrosa
memutuskan untuk tinggal selama satu musim di kelas 250cc, dan dia
memenangkan gelar lain, sekali lagi dengan dua balapan tersisa dalam
kejuaraan. Pada
tahun 2005, Pedrosa memenangkan 8 ras dan mencetak 14 kali naik podium,
meskipun cedera bahu yang dideritanya dalam sesi latihan untuk Grand
Prix Jepang.
2006Pedrosa membuat pindah ke sepeda 990cc MotoGP pada tahun 2006, naik untuk Repsol Honda. Kritik
mengatakan bahwa perawakan kecil Pedrosa tidak cukup kuat untuk
menangani, motor besar, berat dan berhasil MotoGP berlomba di kelas
utama. Membuktikan mereka salah, ia selesai kedua di babak pembukaan di Jerez pada 26 Maret 2006. Pada
penampilan keempat MotoGP yang pernah nya, pada tanggal 14 Mei 2006,
selama akhir pekan perlombaan Cina Grand Prix diadakan di Shanghai, ia
memenangkan perlombaan MotoGP pertamanya. Kemenangan
ini membuatnya menjadi pemenang termuda yang tepat sama 2 (diikat
dengan Abe Norick akhir) di Kelas Premier di belakang Freddie
Spencer. Ia memenangkan balapan MotoGP keduanya di Donington Park dan menjadi kandidat kuat untuk kejuaraan MotoGP. Itu adalah kemenangan mengesankan bagi Dani, yang berbagi podium pertama kalinya dengan Valentino Rossi di tempat ke-2. Dia juga mengambil posisi pole kedua di paruh pertama musim ini. Sampai
Grand Prix Malaysia di Sepang, Pedrosa adalah 2 di Kejuaraan hanya
lebih berpengalaman di belakang rekan satu timnya Nicky Hayden. Namun, ia jatuh berat selama Free Practice dan menderita luka parah pada lutut, yang praktis membuat dia bergerak. Pedrosa berkualitas 5th di grid dalam lomba bahwa karena pembatalan sesi kualifikasi yang tepat karena hujan deras. Dia secara ajaib berhasil menyelesaikan 3 dalam lomba itu, hanya di belakang Rossi dan pembalap Ducati Loris Capirossi.
Namun, dalam balapan berikutnya, bentuknya turun dan ia berjuang dengan sepeda, bergerak dia ke tempat ke-5 di klasemen MotoGP. Kinerja yang buruk nya dilanjutkan di Estoril. Setelah
awal yang menjanjikan, ia sempat berlari 2nd sebelum disahkan oleh
Colin Edwards dan kemudian pemimpin kejuaraan dan rekan setimnya Nicky
Hayden. Pada lap 5, ia dan Hayden terlibat dalam kecelakaan. Pedrosa
membuat kesalahan sementara mencoba untuk menyalip Hayden, meluncur dan
jatuh keluar dari perlombaan, mengambil Hayden di jalan. Kecelakaan
ini berakhir kemungkinan tipis untuk memenangkan kejuaraan dan Hayden
juga menyebabkan kehilangan keunggulannya di klasemen kejuaraan, seperti
Rossi berhasil menyelesaikan 2. Namun, dua minggu kemudian, Hayden pulih untuk memenangkan kejuaraan sementara Pedrosa berhasil finish di posisi ke-4. Hasil
ini meraih tempat ke-5 di klasemen keseluruhan di musim debutnya,
sehingga mengambil gelar sebagai Rookie of the Year dalam kategori
MotoGP, mengalahkan sesama rookie dan saingan mantan 250 cc Casey
Stoner. Pada
tes (pasca musim 2006) akhir tiga hari 2006 di Jerez Spanyol, Pedrosa
menempatkan 800 cc RC212V-nya di bagian atas timesheets (di kualifikasi
ban) merayap keluar Valentino Rossi dengan 0,214 detik. Rossi sudah tercepat selama dua hari pertama tes. Pedrosa menetapkan waktu 1min 39,910 detik di sekitar sirkuit.2007-2008Pedrosa terus balapan dengan Honda di tahun 2007 mereka Honda RC212V, motor 800 cc baru. Mesin
memiliki masalah, dan Pedrosa diambil dari ras oleh Olivier Jacque
dan oleh Randy de Puniet, tetapi dia menyelesaikan musim di tempat kedua
di belakang Stoner dan di depan Rossi. Dia
menandatangani kontrak 2 tahun dengan Repsol Honda untuk tahun 2008 dan
2009 Pada tahun 2008 masalah Pedrosa dengan RC212V berlanjut ketika
ia terluka di pra-musim dan tidak terjawab pengujian perkembangan,.
Tapi mulai musim dengan baik dengan mencetak podium di babak
pertama . Sementara memimpin balapan dan klasemen di putaran Jerman,
ia jatuh dan terluka, menjaga dia dari balapan di dua putaran berikut. Kinerja
Michelin di MotoGP memburuk, sehingga Pedrosa beralih ke Bridgestone
pada putaran Indianapolis. Dia selesai ketiga dalam klasemen
pada tahun 2008.2009-2010Seperti
pada tahun 2008, Pedrosa jatuh di musim pra-2009 dan melukai dirinya
sendiri, menjaga dia dari pengujian mesin sebelum awal musim. Dia
ditempatkan 11 di babak pertama, tetapi pulih kebugaran di putaran
berikut Pada babak kelima ia melukai dirinya sendiri lagi dalam
praktek dan. Kemudian jatuh selama perlombaan, menempatkan dia 33 poin
di belakang pemimpin. Untuk 2010 ,
Pedrosa kembali ke nomor 26-nomor yang digunakan ketika ia pertama kali
memasuki MotoGP-dari nomor 2 tahun 2008 dan nomor 3 tahun 2009. Dia
mengambil keputusan untuk menyenangkan para penggemarnya yang telah
memintanya untuk kembali ke nomor yang selalu digunakan. Pedrosa
memenangi empat balapan di 2010 dan selesai kedua dalam klasemen
kejuaraan belakang Jorge Lorenzo.2011Pedrosa
tetap dengan tim tiga pembalap Honda Repsol diperluas pada tahun 2011,
kemitraan Andrea Dovizioso dan Casey Stoner Pedrosa mengambil
placings podium dalam tiga balapan pembuka musim ini, yang berpuncak
pada kemenangan di Grand Prix Portugal pada bulan Mei.
Pada lap 18 dari lomba berikut di Perancis, Pedrosa terlibat dalam
insiden dengan Gresini Racing Marco Simoncelli saat berebut posisi kedua
dalam lomba, Simoncelli melewati Pedrosa pada garis luar ke Chemin aux
Boeufs, namun menarik di depan Pedrosa
dan sebagai hasilnya, Pedrosa terpotong roda belakang Simoncelli dan
jatuh ke tanah. Simoncelli diberi naik-melalui penalti, sementara
musim gugur meninggalkan Pedrosa dengan patah tulang leher, yang
membuatnya absen hingga Juli Grand Italian Prix, di mana ia selesai di tempat kedelapan
Pedrosa
mengklaim kemenangan keduanya musim ini di Grand Prix Jerman, setelah
mengambil keuntungan dari kesalahan oleh Lorenzo dengan sembilan lap
tersisa di lomba. Dia selesai ketiga di Laguna Seca akhir pekan
berikut, sebelum mengambil posisi pole pertamanya dari musim
di Grand Prix Ceko Ia tersingkir selama perlombaan, tetapi selesai
tiga balapan berikutnya di tempat kedua, sebelum memenangkan balapan
ketiga musim ini -. dan ras 400 menang dengan pembalap Spanyol - di
Jepang, di mana gelarnya peluang pada tahun 2010 telah berakhir,. dan
pindah dalam satu titik rekan setimnya Dovizioso untuk tempat ketiga
dalam kejuaraan Dovizioso selesai menjelang Pedrosa di Australia
dan Valencia, sementara balapan Malaysia, di mana Pedrosa
telah memenuhi syarat pada tiang untuk, dibatalkan karena kematian
Simoncelli dalam upaya pertama untuk menjalankan lomba. 2012Pedrosa
tetap dengan Repsol Honda ke musim 2012, Stoner lagi bermitra dalam
upaya dua-sepeda berkurang. Pedrosa menyelesaikan enam dari tujuh
balapan pertama di podium, dengan hasil terbaik kedua pada tiga
kesempatan. Ia
memenangkan balapan pertamanya dari musim di Grand Prix Jerman, menang
di Sachsenring untuk tahun ketiga berturut-turut,. Pedrosa dan Stoner
telah berjalan satu-dua dalam lomba, sebelum Stoner jatuh pada lap akhir Pada Grand
Prix Italia, diumumkan bahwa Pedrosa telah menandatangani perpanjangan
kontrak dua tahun dengan tim Honda Repsol dari 2013 dan seterusnya, dan
akan bermitra dengan Moto2 terdepan Marc Márquez. Pedrosa
menyelesaikan balapan akhir pekan ini kedua, sebelum tempat ketiga di Grand Prix Amerika Serikat. Setelah
liburan musim panas, Pedrosa mencetak gol kemenangan keduanya musim ini
di Indianapolis, menang dari pole position serta menetapkan rekor lap
saat balapan. Dia mengikuti bahwa sampai dengan kemenangan lain di
Brno, yang berlaku setelah akhir-lap pertempuran dengan judul saingan utama Jorge Lorenzo.Pada
Misano, Pedrosa memenuhi syarat pada tiang untuk balapan, yang
kemudian ditunda setelah Ducati Karel Abraham terhenti tepat sebelum
awal, memaksa pengendara untuk menyelesaikan lap parade kedua. Ban
depan Pedrosa hangat menjadi terjebak sebelum motornya dimulai kembali,
sepeda telah dihapus dari grid - akan digantikan oleh sepeda back-up -
tapi ban hangat telah dihapus pada saat terakhir dan sepeda itu
dikembalikan ke grid. Namun, Pedrosa harus memulai balapan dari belakang, karena pelanggaran aturan yang berkaitan dengan prosedur awal. Dia
berhasil membuat jalan ke dalam sepuluh besar pada putaran pembukaan
sebelum ia dibawa keluar oleh Hector Barbera, kehilangan tanah
untuk Lorenzo, yang memenangkan lomba. Dalam Grand Prix Aragon,
Pedrosa memenuhi syarat kedua tetapi mengambil
kemenangan, setelah melewati Lorenzo di lap ketujuh, hasilnya
memungkinkan Pedrosa untuk menutup kesenjangan kejuaraan 33 poin.
semoga bermanfaat :)
Senin, 14 Januari 2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar