Senin, 14 Januari 2013

dani pedrosa

Daniel "Dani" Pedrosa Ramal (lahir 29 September 1985 di Sabadell, Catalonia, Spanyol) adalah pembalap motor Grand Prix. Pedrosa dibesarkan di sebuah desa dekat Sabadell disebut Castellar del Vallès. Dia adalah juara dunia termuda di 250cc Grand Prix. Pedrosa dengan 1.58 m (5 ft 2 in) tinggi dan berat 51 kg (112,4 lb)
  
 
CAREERAwal hariDani Pedrosa mulai mengendarai sepeda di awal usia empat, ketika ia mendapat sepeda motor pertamanya, sebuah Italjet 50, yang memiliki sisi-roda. Sepeda balap pertamanya adalah replika sepeda mini bermotornya dari Kawasaki, yang ia punya di usia enam dan yang ia digunakan untuk berlomba dengan teman-temannya. Pedrosa mengalami balap nyata pada usia 9, ketika ia memasuki Kejuaraan Minibike Spanyol dan mengakhiri musim debutnya di tempat kedua, mencetak podium pertamanya finish di balapan kedua musim ini. Tahun berikutnya, Pedrosa memasuki kejuaraan yang sama, tetapi masalah kesehatan mencegah dia dari memperbaiki hasil dan ia mengakhiri musim itu di posisi ke-3.125ccPada tahun 2001, Pedrosa membuat debut Kejuaraan Dunia di kelas 125cc setelah dipilih dari Movistar Activa Cup, serangkaian dirancang untuk mempromosikan bakat balap segar di Spanyol, kembali pada tahun 1999. Di bawah bimbingan Alberto Puig, Pedrosa mencetak dua kali naik podium di musim pertama dan memenangkan balapan pertamanya pada tahun berikutnya, ketika ia selesai ketiga dalam kejuaraan. Pada tahun 2003, ia memenangkan lima balapan dan memenangkan kejuaraan dengan dua putaran tersisa, mencetak 223 poin. Pada kejuaraan pertama memenangkan tahun, Pedrosa mencetak lima kemenangan dan enam podium. Seminggu setelah memenangkan kejuaraan, delapan belas tahun Pedrosa mematahkan kedua pergelangan kakinya dalam kecelakaan selama latihan di Phillip Island (Australia), mengakhiri musim.250ccSetelah memenangkan kejuaraan 125cc, Pedrosa pindah ke kelas 250cc pada tahun 2004 tanpa proper test pada sepeda baru karena pergelangan kakinya penyembuhan selama musim off-. Pergi ke musim tidak siap, Pedrosa memenangkan lomba pertama di Afrika Selatan dan melanjutkan untuk meraih gelar Kejuaraan Dunia 250cc, termasuk rookie of penghargaan tahun. Dalam musim pertamanya di kelas 250cc, Pedrosa mencetak 7 kemenangan dan 13 kali naik podium. Pedrosa memutuskan untuk tinggal selama satu musim di kelas 250cc, dan dia memenangkan gelar lain, sekali lagi dengan dua balapan tersisa dalam kejuaraan. Pada tahun 2005, Pedrosa memenangkan 8 ras dan mencetak 14 kali naik podium, meskipun cedera bahu yang dideritanya dalam sesi latihan untuk Grand Prix Jepang.
2006Pedrosa membuat pindah ke sepeda 990cc MotoGP pada tahun 2006, naik untuk Repsol Honda. Kritik mengatakan bahwa perawakan kecil Pedrosa tidak cukup kuat untuk menangani, motor besar, berat dan berhasil MotoGP berlomba di kelas utama. Membuktikan mereka salah, ia selesai kedua di babak pembukaan di Jerez pada 26 Maret 2006. Pada penampilan keempat MotoGP yang pernah nya, pada tanggal 14 Mei 2006, selama akhir pekan perlombaan Cina Grand Prix diadakan di Shanghai, ia memenangkan perlombaan MotoGP pertamanya. Kemenangan ini membuatnya menjadi pemenang termuda yang tepat sama 2 (diikat dengan Abe Norick akhir) di Kelas Premier  di belakang Freddie Spencer. Ia memenangkan balapan MotoGP keduanya di Donington Park dan menjadi kandidat kuat untuk kejuaraan MotoGP. Itu adalah kemenangan mengesankan bagi Dani, yang berbagi podium pertama kalinya dengan Valentino Rossi di tempat ke-2. Dia juga mengambil posisi pole kedua di paruh pertama musim ini. Sampai Grand Prix Malaysia di Sepang, Pedrosa adalah 2 di Kejuaraan hanya lebih berpengalaman di belakang rekan satu timnya Nicky Hayden. Namun, ia jatuh berat selama Free Practice dan menderita luka parah pada lutut, yang praktis membuat dia bergerak. Pedrosa berkualitas 5th di grid dalam lomba bahwa karena pembatalan sesi kualifikasi yang tepat karena hujan deras. Dia secara ajaib berhasil menyelesaikan 3 dalam lomba itu, hanya di belakang Rossi dan pembalap Ducati Loris Capirossi.


Namun, dalam balapan berikutnya, bentuknya turun dan ia berjuang dengan sepeda, bergerak dia ke tempat ke-5 di klasemen MotoGP. Kinerja yang buruk nya dilanjutkan di Estoril. Setelah awal yang menjanjikan, ia sempat berlari 2nd sebelum disahkan oleh Colin Edwards dan kemudian pemimpin kejuaraan dan rekan setimnya Nicky Hayden. Pada lap 5, ia dan Hayden terlibat dalam kecelakaan. Pedrosa membuat kesalahan sementara mencoba untuk menyalip Hayden, meluncur dan jatuh keluar dari perlombaan, mengambil Hayden di jalan. Kecelakaan ini berakhir kemungkinan tipis untuk memenangkan kejuaraan dan Hayden juga menyebabkan kehilangan keunggulannya di klasemen kejuaraan, seperti Rossi berhasil menyelesaikan 2. Namun, dua minggu kemudian, Hayden pulih untuk memenangkan kejuaraan sementara Pedrosa berhasil finish di posisi ke-4. Hasil ini meraih tempat ke-5 di klasemen keseluruhan di musim debutnya, sehingga mengambil gelar sebagai Rookie of the Year dalam kategori MotoGP, mengalahkan sesama rookie dan saingan mantan 250 cc Casey Stoner. Pada tes (pasca musim 2006) akhir tiga hari 2006 di Jerez Spanyol, Pedrosa menempatkan 800 cc RC212V-nya di bagian atas timesheets (di kualifikasi ban) merayap keluar Valentino Rossi dengan 0,214 detik. Rossi sudah tercepat selama dua hari pertama tes. Pedrosa menetapkan waktu 1min 39,910 detik di sekitar sirkuit.2007-2008Pedrosa terus balapan dengan Honda di tahun 2007 mereka Honda RC212V, motor 800 cc baru. Mesin memiliki masalah,  dan Pedrosa diambil dari ras oleh Olivier Jacque dan oleh Randy de Puniet, tetapi dia menyelesaikan musim di tempat kedua di belakang Stoner dan di depan Rossi. Dia menandatangani kontrak 2 tahun dengan Repsol Honda untuk tahun 2008 dan 2009  Pada tahun 2008 masalah Pedrosa dengan RC212V berlanjut ketika ia terluka di pra-musim dan tidak terjawab pengujian perkembangan,. Tapi mulai musim dengan baik dengan mencetak podium di babak pertama . Sementara memimpin balapan dan klasemen di putaran Jerman, ia jatuh dan terluka, menjaga dia dari balapan di dua putaran berikut. Kinerja Michelin di MotoGP memburuk, sehingga Pedrosa beralih ke Bridgestone pada putaran Indianapolis.  Dia selesai ketiga dalam klasemen pada tahun 2008.2009-2010Seperti pada tahun 2008, Pedrosa jatuh di musim pra-2009 dan melukai dirinya sendiri, menjaga dia dari pengujian mesin sebelum awal musim. Dia ditempatkan 11 di babak pertama, tetapi pulih kebugaran di putaran berikut  Pada babak kelima ia melukai dirinya sendiri lagi dalam praktek dan. Kemudian jatuh selama perlombaan, menempatkan dia 33 poin di belakang pemimpin.
Untuk 2010 , Pedrosa kembali ke nomor 26-nomor yang digunakan ketika ia pertama kali memasuki MotoGP-dari nomor 2 tahun 2008 dan nomor 3 tahun 2009. Dia mengambil keputusan untuk menyenangkan para penggemarnya yang telah memintanya untuk kembali ke nomor yang selalu digunakan.  Pedrosa memenangi empat balapan di 2010 dan selesai kedua dalam klasemen kejuaraan belakang Jorge Lorenzo.2011Pedrosa tetap dengan tim tiga pembalap Honda Repsol diperluas pada tahun 2011, kemitraan Andrea Dovizioso dan Casey Stoner  Pedrosa mengambil placings podium dalam tiga balapan pembuka musim ini, yang berpuncak pada kemenangan di Grand Prix Portugal pada bulan Mei. Pada lap 18 dari lomba berikut di Perancis, Pedrosa terlibat dalam insiden dengan Gresini Racing Marco Simoncelli saat berebut posisi kedua dalam lomba, Simoncelli melewati Pedrosa pada garis luar ke Chemin aux Boeufs, namun menarik di depan Pedrosa dan sebagai hasilnya, Pedrosa terpotong roda belakang Simoncelli dan jatuh ke tanah.  Simoncelli diberi naik-melalui penalti, sementara musim gugur meninggalkan Pedrosa dengan patah tulang leher, yang membuatnya absen hingga Juli Grand Italian Prix, di mana ia selesai di tempat kedelapan


Pedrosa mengklaim kemenangan keduanya musim ini di Grand Prix Jerman, setelah mengambil keuntungan dari kesalahan oleh Lorenzo dengan sembilan lap tersisa di lomba.  Dia selesai ketiga di Laguna Seca akhir pekan berikut, sebelum mengambil posisi pole pertamanya dari musim di Grand Prix Ceko  Ia tersingkir selama perlombaan, tetapi selesai tiga balapan berikutnya di tempat kedua, sebelum memenangkan balapan ketiga musim ini -. dan ras 400 menang dengan pembalap Spanyol  - di Jepang, di mana gelarnya peluang pada tahun 2010 telah berakhir,. dan pindah dalam satu titik rekan setimnya Dovizioso untuk tempat ketiga dalam kejuaraan  Dovizioso selesai menjelang Pedrosa di Australia dan Valencia, sementara balapan Malaysia, di mana Pedrosa telah memenuhi syarat pada tiang untuk,  dibatalkan karena kematian Simoncelli dalam upaya pertama untuk menjalankan lomba. 2012Pedrosa tetap dengan Repsol Honda ke musim 2012, Stoner lagi bermitra dalam upaya dua-sepeda berkurang.  Pedrosa menyelesaikan enam dari tujuh balapan pertama di podium, dengan hasil terbaik kedua pada tiga kesempatan. Ia memenangkan balapan pertamanya dari musim di Grand Prix Jerman, menang di Sachsenring untuk tahun ketiga berturut-turut,. Pedrosa dan Stoner telah berjalan satu-dua dalam lomba, sebelum Stoner jatuh pada lap akhir  Pada Grand Prix Italia, diumumkan bahwa Pedrosa telah menandatangani perpanjangan kontrak dua tahun dengan tim Honda Repsol dari 2013 dan seterusnya, dan akan bermitra dengan Moto2 terdepan Marc Márquez.  Pedrosa menyelesaikan balapan akhir pekan ini kedua, sebelum tempat ketiga di Grand Prix Amerika Serikat. Setelah liburan musim panas, Pedrosa mencetak gol kemenangan keduanya musim ini di Indianapolis, menang dari pole position serta menetapkan rekor lap saat balapan.  Dia mengikuti bahwa sampai dengan kemenangan lain di Brno, yang berlaku setelah akhir-lap pertempuran dengan judul saingan utama Jorge Lorenzo.Pada Misano, Pedrosa memenuhi syarat pada tiang untuk balapan,  yang kemudian ditunda setelah Ducati Karel Abraham terhenti tepat sebelum awal, memaksa pengendara untuk menyelesaikan lap parade kedua. Ban depan Pedrosa hangat menjadi terjebak sebelum motornya dimulai kembali, sepeda telah dihapus dari grid - akan digantikan oleh sepeda back-up - tapi ban hangat telah dihapus pada saat terakhir dan sepeda itu dikembalikan ke grid. Namun, Pedrosa harus memulai balapan dari belakang, karena pelanggaran aturan yang berkaitan dengan prosedur awal. Dia berhasil membuat jalan ke dalam sepuluh besar pada putaran pembukaan sebelum ia dibawa keluar oleh Hector Barbera, kehilangan tanah untuk Lorenzo, yang memenangkan lomba.  Dalam Grand Prix Aragon, Pedrosa memenuhi syarat kedua tetapi mengambil kemenangan, setelah melewati Lorenzo di lap ketujuh, hasilnya memungkinkan Pedrosa untuk menutup kesenjangan kejuaraan 33 poin.

semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar