Selasa, 18 November 2014

FlowChart , DFD , ERD Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Coklat

FLOWCHART

Flowchart atau diagram alir merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. Diagram ini bisa memberi solusi selangkah demi selangkah untuk penyelesaian masalah yang ada di dalam proses atau algoritma tersebut.

Penjelasan:
Dimulai dari titik awal proses produksi item setiap jenis coklat lalu pemprosesan membeli. Ada 2 proses pembelian yaitu proses pembelian secara online dan tunai. Produk di pajang di toko dan di web kemudian ke tahap pembuatan keputusan apakah stock tersedia? Jika tidak maka kembali ke proses produksi item setiap jenis coklat, jika ya maka proses stock penjualan, ada 2 jenis konsumen yaitu konsumen tunai dan konsumen online. Proses stock penjualan konsumen online melalui konfirmasi kekonsumen online jika stock barang tersedia kemudian konsumen transfer pembayaran+ongkir lalu tahap pengambilan keputusan jika uang di terima maka barang dikirim, jika uang belum diterima maka kembali ke proses konfirmasi kekonsumen. Kemudian jika proses stock penjualan tunai jika stock barang ada kemudian proses pembayaran setelah itu finish.

Data Flow Diagram (DFD)

Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi. DFD ini sering disebut juga dengan nama Bubble chart, Bubble diagram, model proses, diagram alur kerja, atau model fungsi.

Dfd penjualan coklat level 0



Penjelasan:
Didalam DFD diatas dijelaskan Supplier sebagai entitas eksternal melakukan proses dimana data masuk menuju sistem informasi penjualan coklat sebagai komponen utama dengan memasukan data bahan baku dan data pembelian bahan baku. Lalu dari sistem memberikan bukti pembayaran bahan baku. Konsumen online sebagai entitas eksternal melalui proses dimana data menuju sistem informasi penjualan coklat sebagai kompenen utama dengan memasukan data pemesanan barang, dan data konsumen online.lalu dari sistem memberikan nota pembayaran konsumen online. Konsumen tunai sebagai entitas eksternal melalui proses dimana data menuju sistem informasi penjualan coklat sebagai komponen utama dengan memasukan data pembelian dan dari sistem memberikan nota pembayaran.  Owner sebagai entitas eksternal merupakan proses dimana data masuk menuju sisterm informasi penjualan coklat sebagai komponen utama dengan memasukkan data penjualan, data stock barang, data pembelian bahan baku dan data konsumen.

Dfd penjualan coklat level 1


Penjelasan:
Dalam DFD level 1 proses penjualan, data pembelian bahan baku dari supplier dan data biodata konsumen online dimasukkan kedalam sistem pengolahan data gabungan. Kemudian data pemesanan barang, dan data penjualan online dari konsumen online, serta data penjualan tunai dari konsumen tunai di masukkan ke dalam sistem pengolahan data penjualan. Untuk kemudian pengolahan data gabungan yang berisi data konsumen, data suppier, dan data stock barang, pengolahan data penjualan yang berisi data penjualan diberikan ke owner.

Dfd Penjualan coklat level 2


Penjelasan:
Dalam DFD level 2 penjualan coklat diatas, terminator konsumen tunai mempunyai sumber data konsumen tunai dan terminator konsumen online mempunyai sumber data konsumen online yang alur datanya menuju proses 2.1 pengolahan data konsumen. Terminatr supplier mempunyai sumber data pembelian bahan baku, alur datanya menuju 2.2 pengolahan data barang. Proses 2.1 pengolahan data konsumen dan proses 2.2 pengolahan data barang yang alurnya menuju terminator owner.

Entity Relationship Diagram (ERD)

ERD adalah model konseptual yang mendeskripsikan hubungan antara penyimpanan (dalam DFD). ERD digunakan untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data. Dengan ERD, model dapat diuji dengan mengabaikan proses yang dilakukan.

ERD PENJUALAN COKLAT


Penjelasan:
Produk merupakan entitas yang mempunyai atribut harga_satuan , kode_jenis_coklat, kode_stock_coklat , dan tanggal_kadaluarsa. Terdapat penghubung antara beda entitas dan beda atribut.  Relasi penjualan dengan atribut tanggal_penjualan , kode_penjualan, kode_jenis_coklat, jumlah_coklat_terjual.  Terdapat penghubung antara relasi penjualan dengan entitas supplier dengan atribut id_supplier, alamat, nama, kode_jenis_kelamin serta entitas konsumen online dengan atribut kode_konsumen_online, nama, alamat dan juga entitas konsumen tunai dengan atribut kode_konsumen_tunai dan alamat.



Sumber : http://astridkusumadewi.blogspot.com/2012/08/sistem-informasi-penjualan-coklat.html

0 komentar:

Posting Komentar