Senin, 14 Januari 2013

sejarah singkat reggae

Reggae dikembangkan dari mento, R & B, dan musik Ska pada tahun 1960. Pergeseran dari rocksteady untuk reggae digambarkan oleh shuffle organ dipelopori oleh musisi Jamaika seperti Jackie Mittoo dan Winston Wright dan ditampilkan dalam single transisi "Say what youre saying" (1967) oleh Clancy Eccles dan "Boy Funny People" (1968) oleh Lee "Scratch" Perry. '1.967 lagu "Long Shot (Bus' Me Bet)" telah diidentifikasi sebagai contoh tercatat paling awal dari suara irama baru yang dikenal sebagai reggae. 

Awal 1968 adalah ketika rekaman reggae asli pertama dirilis: "Nanny Kambing" oleh Larry Marshall dan "No More Heartaches" oleh The Beltones. 1.968 hit artis Amerika Johnny Nash "Hold Me Tight" telah dikreditkan dengan reggae menempatkan pertama di tangga lagu pendengar Amerika.  Sekitar waktu itu, pengaruh reggae yang mulai permukaan dalam musik rock. Sebuah contoh dari lagu rock yang menampilkan rasa sedikit irama reggae adalah 1.968 s "Ob-La-Di, Ob-La-Da" oleh The Beatles .Bob Marley pada tahun 1980.
The Wailers, sebuah band dimulai oleh Bob Marley, Peter Tosh dan Bunny Wailer pada tahun 1963, mungkin adalah band yang paling dikenal yang membuat transisi melalui semua tiga tahap awal musik populer Jamaika: ska, rocksteady dan reggae. Lain pionir reggae signifikan antara lain Prince Buster, Desmond Dekker dan Ken Boothe.
Produsen Jamaika Terkemuka berpengaruh dalam pengembangan ska menjadi rocksteady dan reggae meliputi: Coxsone Dodd, Lee "Scratch" Perry, Leslie Kong, Duke Reid, Joe Gibbs dan King Tubby. Chris Blackwell, yang mendirikan Island Records di Jamaika pada tahun 1960, pindah ke Inggris pada tahun 1962, di mana ia terus mempromosikan musik Jamaika. Dia membentuk sebuah kemitraan dengan Trojan Rekor Lee Gopthal ini pada tahun 1968, yang dirilis reggae di Inggris sampai dibeli oleh catatan Saga pada tahun 1974.


Tahun 1972 Jimmy Cliff tonggak The Harder Mereka Ayo mencapai bioskop AS dan dihasilkan bunga yang cukup besar dan popularitas untuk reggae di sana, sementara 1.974 sampul Eric Clapton Bob Marley "I Shot Sheriff" membantu membawa arus utama musik.  Pada pertengahan 1970-an, reggae mulai bermain radio di Inggris pada John Peel acara radio, yang dipromosikan genre sisa karirnya. Pada saat yang sama British pembuat film Jeremy Marre mendokumentasikan scene musik Jamaika di Roots Reggae Batu, menangkap sepotong "Golden Age of Reggae" selama masa kejayaan reggae akar.


Dalam paruh kedua tahun 1970-an, punk rock Inggris mulai membentuk, dan reggae adalah pengaruh terkenal. Beberapa DJ punk memainkan lagu-lagu reggae selama set mereka dan beberapa band punk dimasukkan pengaruh reggae ke dalam musik mereka. Pada saat yang sama, reggae mulai menikmati kebangkitan di Inggris yang berlanjut sampai tahun 1980-an, dicontohkan oleh kelompok-kelompok seperti Steel Pulse, Aswad,, UB40, dan Pemuda Musical. Artis reggae lain yang menikmati banding internasional pada awal 1980-an termasuk Dunia Ketiga, Black Uhuru dan Gula Minott. Grammy Awards memperkenalkan kategori Album Terbaik Reggae pada tahun 1985.

0 komentar:

Posting Komentar